Sunday, November 11, 2007

Teka - Teki

he he he he....
saya punya sedikit teka-teki nih, gampang-gampang susah. gampang kalau misalnya gak terlalu dipikirin jawabannya, susah kalau ga ngeh apa maksudnya.
siap...?

berat mana ? kapas 1 kg dengan besi 1 kg ?
tanpa pikir panjang bisanya ada saja yang menjawab kalau besi lebih berat - secara besi kan dari logam, kapas bisa terbang ketiup angin -, padahal sama-sama 1 kg jadi sama berat. Tetapi apakah memang seperti itu ?
kalau kita lebih jeli kita akan bertanya balik, dimana kapas dan besi itu ditimbang ?
kalau ditimbang dalam ruang hampa, memang jawabannya sama berat. Namun apabila ditimbang dalam ruang terbuka, maka jawabnnya akan lain, yaitu kapas lebih berat. Mengapa ? Hukum Archimedes tidak berlaku dalam zat cair saja melainkan juga berlaku di udara terbuka.
Benda itu mendapat tekanan ke atas sama berat dengan berat udara yang didesaknya. Volume 1 kg kapas jauh lebih besar dari volume 1 kg besi. Artinya gaya yang menyorong kapas itu ke atas lebih besar dari gaya yang menyorong besi itu. Jadi apa yang ditimbang sebagai 1 kg kapas maupun besi, adalah gaya-gaya resultante ke bawah dan ke atas pada titik berat kapas dan besi itu. Misalkan berat kapas = K, gaya Archimedes ke atas pada kapas = k, berat besi = B, gaya Archimedes ke atas pada besi = b, maka K - k = 1kg, begitu pula B - b = 1 kg. Jadi K - k = B - b. Karena volume kapas > volume besi, maka k>b, sehingga K>B, berat kapas lebih besar dari berat besi, yang dengan perkataan lain kapas yang ditimbang 1 kg lebih berat dari besi yang ditimbang 1 kg dalam udara terbuka.

No comments:

Tentang PTC

Kebanyakan dari kita masih kebingungan dengan istilah PTC (Paid To Click) padahal sudah lama sekali Program ini muncul di dunia cyber in...