Monday, July 16, 2007

Masalah Jodoh...Part 1

Buat temen-temen yang kemaren katanya mo siap" proposed (khitbah) seseorang tapi masih banyak ganjalan. Pada dasarnya sebelum kita manusia dilahirkan kedunia ada 3 hal yang sudah ditentukan akan kita jalani, yaitu : Mati, Rezeki dan Jodoh.

Jodoh itu kayak benang sutera-coba lihat perumpamaan yang cukup bagus di budaya Orang Cina-dimana manusia yang berjodoh benang sutera telah diikatkan di antara mereka berdua. begitu simpul diikatkan maka tak ada suatu hal pun yang dapat memisahkan tali perjodohan.

salah seorang diantara mereka bisa saja berasal dari keluarga sangat kaya, dan yang satunya berasal dari keluarga yang sangat miskin. Atau mereka terpisah berkilo-kilometer jauhnya, kalau memang saatnya sudah tiba maka mereka akan menjalin ikatan pernikahan yang kukuh. Tak ada suatu hal yang bisa mengubah hal tersebut.

Jadi begitu,
1. Masalah jodoh jangan dipusing-pusingkan dengan masalah harta. Insya Allah akan lebih dimudahkan pintu rezeki kita bila sudah menikah nanti.
2. Buat para wanita yang telah berumur kurang lebih 18 tahun / sudah lulus masa SMU, maka bersiaplah jika ada seorang laki-laki mengajak menikah. Apalagi kalau laki-laki itu dikenal sebagai orang yang shalih. Jika tidak maka kelak akan terjadi fitnah.
3. Jodoh kita diatur sebagai cerminan dari perilaku kita, karena wanita yang baik-baik hanyalah untuk laki-laki yang baik dan begitu juga sebaliknya. Maka kalau memang mau dan ingin mendapatkan jodoh yang baik. So Be It.
4. Shalat istikharah, minta bantuan sama Sang Pencipta yang mengatur pejodohan itu sendiri.
5. Jangan muluk-muluk mengharapkan seseorang yang sempurna.Bagaimana mungkin kita mengharapkan sesuatu yang sempurna (taat beribadah, baik, cantik/ganteng, dll) tetapi kita tidak seperi itu.

Jika ingin berlari, belajarlah berjalan duhulu,
Jika ingin berenang, belajarlah mengapung dahulu,
Jika ingin dicintai, belajarlah mencintai dahulu.

"Ya Allah...Seandainya memang telah engkau catatkan... bahwa dia milikku tercipta untukku..Satukanlah hatinya dengan hatiku...Titipkanlah kebahagian diantara kami.."

"tetapi ya Allah...apabila memang ia bukan untukku...Bawalah ia jauh dari pandanganku...hilangkan ia dari ingatanku...peliharalah aku dari kekecewaan"

"dan ya Allah gantilah yang telah hilang....rekatkan kembali yang telah patah...walau tidak bersama dengan dirinya..."

Wahai manusia, bertaqwalah kamu sekalian kepada Tuhanmu yang telah menjadikan kamu satu diri, lalu Ia jadikan daripadanya jodohnya, kemudian Dia kembangbiakkan menjadi laki-laki dan perempuan yang banyak sekali. (Qs. An Nisaa (4) : 1).

Wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik. Lelaki yang baik untuk wanita yang baik pula (begitu pula sebaliknya). Bagi mereka ampunan dan reski yang melimpah (yaitu : Surga) (Qs. An Nuur (24) : 26).

"Tiga golongan yang pasti mendapat pertolongan Allah. Seorang mujahid yang memperjuangkan agama Allah, seorang penulis yang selalu memberi penawar, dan seorang yang menikah demi menjaga kehormatannya." (HR. Thabrani)

No comments:

Tentang PTC

Kebanyakan dari kita masih kebingungan dengan istilah PTC (Paid To Click) padahal sudah lama sekali Program ini muncul di dunia cyber in...